1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Wujudkan kota besih, Walikota bongkar bak sampah

22 November 2016 11:36
news/2016/11/21/107249/wujudkan-kota-besih-walikota-bongkar-bak-sampah-161121n.jpg

Tarakantourism.merdeka.com - Walikota Tarakan, Sofian Raga, didampingi kepala dinas kebersihan pertamanan dan pemakaman Alexandra secara simbolis bongkar bak sampah atau tempat pembuangan sampah sementara (TPS), di Jalan Mulawarman.

Pembongkaran bak sampah adalah konsekuensi dilaksanakanya program sampah semesta di mana sampah tidak terlihat oleh mata dan tercium oleh hidung, dengan program ini sampah tidak lagi dibuang di tempat pembuangan sampah (TPS) melainkan diambil dari rumah ke rumah oleh petugas gerobak sampah kemudian dibawa ke depo transfer sampah.

"Seluruh bak sampah akan dibongkar, salah satunya di Jalan Mulawarman, jalan ini merupakan jalan utama menuju kota tarakan, sehingga masyarakat yang datang kekota tarakan dari bandara tidak lagi ditontonkan bak sampah termasuk sampah itu sendiri,” jelas sofian raga.

Nantinya semua jalan utama, menurut Sofian, jalan protokol maupun jalan lingkungan bersih dari bak sampah. Targetnya sebelum akhir tahun 2017 semua bak sampah sudah dibongkar habis.

"Kota bersih ditandai dengan tidak terlihat sampah maupun tercium bau sampah di mana-mana," tegasnya

Selanjutnya pemerintah akan menurunkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (satpol pp) tarakan untuk melakukan pengawasan dilapangan sehingga program ini berjalan dengan maksimal, jika masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau mebuang sampah ke sungai akan segera ditindak tegas sesuai peraturan daerah tarakan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Tarakan Alexandra menjelaskan, di kota tarakan sendiri terdapat kurang lebih seribu bak sampah atau tps, baik permanen maupun nonpermanen, dari 20 kelurahan, 11 kelurahan saat ini sudah menjalankan program sampah semesta.

“Dari seribu bak sampah sudah sekitar 150 bak sampah permanen dibongkar baik dijalan protokol maupun jalan lingkungan khusus kelurahan yang sudah menjalankan program sampah semesta," ujar Alexandra.

Masyarakat tarakan maupun pendatang dapat melihat sendiri dan menikmati Kota Tarakan yang bersih setelah dilakukan pembongkaran bak sampah, dengan tidak lagi ditontonkan.

KOMENTAR ANDA