1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Tari Jepen khas masyarakat suku Tidung jadi penutup upacara

30 November 2016 09:50
news/2016/12/01/108798/tari-jepen-khas-masyarakat-suku-tidung-jadi-penutup-upacara-1612017.jpg

Tarakantourism.merdeka.com - Kegiatan Apel Nusantara Bersatu yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, berlangsung khidmat di kota Tarakan. Apel yang digelar di Stadion Datu Adil ini, diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat, Pemerintah Kota Tarakan, serta unsur TNI dan Polri.

Apel nusantara dilaksanakan sebagai wujud untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh peserta yang datang, mengenakan pita merah mutih yang diikat di kepala.

Hal itu serupa dengan yang dilakukan oleh para pejuang Indonesia, dengan menggunakan pita merah putih, sebagai identitas untuk mengusir para penjajah keluar dari nusantara.

Tidak hanya melakukan apel, rangkaian upacara juga menyajikan tarian khas suku Tidung, yakni Jepen. Tarian ini diiringi dengan lantunan musik, serta nyanyian khas.

Seluruh pejabat di Kota Tarakan yang hadir dalam kegiatan upacara, langsung ambil bagian begitu musik tradisional khas melayu dilantunkan.

Meski di tengah cuaca yang cukup terik, pejabat dari Pemerintah Kota Tarakan, TNI, Polri, serta anggota DPRD Tarakan bersatu padu mengikuti ritme musik sambil menggerakkan tubuh.

KOMENTAR ANDA