1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Tarakan Fair 2016, tampilkan suasana tempo doeloe

30 November 2016 09:53
news/2016/12/01/108800/tarakan-fair-2016-tampilkan-suasana-tempo-doeloe-161201y.jpg

Tarakantourism.merdeka.com - Tarakan yang berjuluk ‘pearl harbour’ Indonesia, lantaran menjadi perebutan oleh kekuatan besar di masa perang dunia II antara Jepang dan tentara Sekutu, meninggalkan banyak benda-benda sejarah.

Bagaimana jika suasana Tarakan tempo dulu dihadirkan kembali, dengan balutan kolaborasi kegiatan hiburan bagi masyarakat ? yah, tentu anda penasaran dan ingin melihat secara langsung.

Hal ini bisa anda temukan dalam kegiatan Tarakan Fair 2016, yang dihelat pada tanggal 3 sampai 10 Desember. Kegiatan ini digelar di Stadion Datu Adil.

“Menyambut hari ulang tahun kota Tarakan yang ke 19, di dalam kegiatan ini kan. Kita mau mengubah konsep yang biasanya kalau acara di Stadion Datu Adil itu seperti pasar malam,” kata Ketua Penyelenggara Tarakan Fair 2016, Heri Kurniadi.

Kegiatan Tarakan Fair 2016 terbagi menjadi Oil and Gas Ekspo dan Maritim Ekspo. “Kegiatan itu akan ada Tarakan tempo dulu dengan tema ‘North Borneo Night’, ada mobil, motor, sepeda kuno,” lanjut Heri.

Stadion kebanggaan masyarakat Tarakan bakal disulap untuk menyesuaikan konsep garden light. “Oil and Gas ini nanti dekorasinya akan ada miniatur pompa minyak dan menara minyak tempo dulu, terus di stadion datu adil nanti akan ada air mancur,” jelas Heri.

“Jumlah air mancurnya ada 19 sesuai dengan HUT Kota Tarakan, ada juga festival payung seperti yang pernah ditampilkan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung,” sambungnya.

Untuk menunjang konsep Tarakan tempo dulu, panitia penyelenggara juga bekerjasama dengan kolektor benda sejarah.

“PT Pelni juga akan ada tour ke Derawan bagi turis menggunakan KM Bukit Siguntang, nah itu bersamaan juga acaranya, jadi akan kita kolaborasikan setelah mereka dari Derawan city tour nya bisa ke Tarakan Fair,” tuturnya.

Pada gelaran acara puncak, panitia penyelnggara akan menghadirkan konser artis ibukota, yang diisi oleh band papan atas Indonesia, D’Massiv.  “Kalau ekspo disini keamanannya kami menggunakan CCTV dan konsen di 5 titik,” tandasnya.

KOMENTAR ANDA