1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Taksi argo pilihan transportasi di Tarakan

23 November 2016 00:37
news/2016/11/21/107250/taksi-argo-pilihan-transportasi-di-tarakan-1611214.jpg

Tarakantourism.merdeka.com - Pengembangan dan pembangunan sarana prasarana dan sistem transportasi umum, darat, laut, dan udara menjadi salah satu program strategis pemerintah Kota Tarakan yang tertuang dalam 27 program strategis rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2014-2019.

Untuk mengunjungi Kota Tarakan saat ini cukup mudah, layanan transportasi sudah tersedia dengan baik, seperti Bandara Juwata Tarakan yang bertaraf internasional, pelabuhan laut maupun layanan transportasi darat seperti taksi bandara, angkutan umum maupun taksi argo yang saat ini segera beroperasi.

Sudah semestinya perubahan dilakukan ke arah yang lebih baik salah satunya sistem transportasi angkutan kota, oleh karena itu taksi argo salah satu pilihan layanan transportasi secara maksimal kepada masyarakat untuk berpegian di dalam Kota Tarakan baik untuk masyarakat lokal maupun bagi tamu dari luar daerah.

"Mereka (tamu) ke sini kan tidak bawa mobil sampai di sini mau lihat tarakan pingin ada angkutan yang nyaman bagi dia taksi argo ada salah satu pilihan dan ini harus disiapkan oleh pemerintah," ungkap Walikota Sofian Raga.

Walikota Tarakan sangat apresiasi kepada serikat pengemudi angkutan Tarakan Indonesia (SPTI) berinisiatif yang bagus dan kesadaran yang baik bahwa angkot saat ini sudah mulai diganti dengan taksi argo jenis Ayla.

Sementara itu kepala dinas perhubungan tarakan suparlan menjelaskan, untuk tarif taksi argo nontrayek di Kota Tarakan yakni buka pintu Rp 7.000, jarak perkilometer Rp 5.000, jika pemesanan di atas lima kilometer secara otomatis menambah biaya Rp 20.000.

"Agar seger beropersi pengurus taxi argo agar segera mengurus izin serta plat menjadi kuning, harapanya sebelum hari ulang tahun tarakan ke-19 tahun pada 15 Desember mendatang, taksi argo dapat beroperasi melayani masyarakat tarakan maupun tamu dari luar daerah," ungkap Suparlan.

Sopir taksi argo nantinya akan dilengkapi kartu anggota serta seragam, pelayanan taxi dilakukan selama 24 jam nonstop.

"Ini adalah janji kami kepada pemerintah kota serta kewajiban kami untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan baik sehingga tidak ada kompline," tegas ketua SPTI, Oktavianus.

Taksi argo akan pull di terminal depan pasar ghuser yang difasilitasi oleh dinas perhubungan tarakan selama satu tahun, untuk perijinan saat ini sudah tahap pengurusan, untuk argometer sendiri sudah sesuai dengan aturan.

"Karena taksi argo nontrayek maka taksi akan melayani semua rute seluruh Kota Tarakan kecuali stanby di Bandara Juwata Internasional Tarakan karena sudah ada kesepakatan dengan pihak taksi bandara,” jelas oktavianus.
 
Ini kan bertahap terima kasih mereka biaya sendiri serikat kemudi taksi inisitfi yang bagus kesadaran yang baik bahwa angkota yang sekrang harus diganti, semangat luar biasa saya apresiasi kepada mereka.

Dengan adanya ini, keinginan masyarakat membeli mobil pribadi dapat dikurangi, artinya ini sekaligus meminimalisir laju pertumbuhan kendaraan bermotor di Pulau Tarakan.

Masih dalam proses pengurusan ijin taksi argo royal bersaudara sudah terpasang semua. "Optimis berjalan satu tahun. Optimis jasa transportasi tidak ada kendala, nontrayek kemana saja boleh, call center stanby di sana, tidak boleh bersama dengan taxi bandara.

KOMENTAR ANDA