1. HOME
  2. »
  3. BERITA

Pemkot Tarakan siapkan TPA yang bisa hasilkan listrik

28 November 2016 14:22
news/2016/11/28/108313/pemkot-tarakan-siapkan-tpa-yang-bisa-hasilkan-listrik--161128k.jpg

Tarakantourism.merdeka.com - Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan tengah menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru yang rencananya berlokasi di Kelurahan Juata Laut dan Kelurahan Juata Kerikil.

Nantinya TPA yang baru ini bakal menggunakan sistem sanitary landfill atau berlapis. Sampah yang terkumpul diletakkan dalam sebuah lahan cekungan dengan cara ditebar setebal 20 cm.

Setelah itu, sampah akan ditimbun menggunakan tanah dengan kedalaman 20 hingga 30 cm. Dalam proses ini, tumpukan sampah tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat.

"Lahan yang disiapkan itu di Juata Laut seluas 43 hektare, sedangkan di Juata Kerikil seluas 30 hektare," kata Wali Kota Tarakan Sofian Raga.

Selain tidak menimbulkan bau menyengat, sampah yang tertimbun dalam tanah dapat menghasilkan gas metan yang dapat dimanfaatkan sebagai energi untuk membangkitkan listrik.

"Tapi sampahnya dipilah dulu yang (bisa) untuk pembangkit listrik. Kalau sehari 7000 ton sampah bisa menghasilkan listrik sebesar 7 mega watt," jelasnya.

"Tarakan juga melaksanakan program ini, ini program strategis di beberapa kota besar lain di Indonesia," tambahnya.

Untuk merealisasikan hal ini, Pemkot Tarakan mendapatkan kucuran dana yang bersumber dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) sebesar Rp 27 Miliar melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

KOMENTAR ANDA